Selasa, 03 Maret 2015

Kampus Institut Teknologi Sumatera Diresmikan



Metrotvnews.com, Kalianda: Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP, dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Profesor Akhmaloka meresmikan Kampus Institut Teknoklogi Sumatera (Itera) di Lampung Selatan, Rabu (21/5/2014). Peresmian dilakukan pada pembangunan tahap pertama di lahan seluas sekitar 40 hektare yang mencakup gerbang, gedung, infrastruktur, drainase, dan lain-lain.

Kampus
Itera itu nantinya diperluas menjadi 285 hektare. Itera terletak di Jalan Terusan Ryacudu, Bandar Negara, Lampung Selatan. Kampus Itera diperhitungkan dapat menampung sekitar 40 ribu hingga 50 ribu mahasiswa.

Akhmaloka mengatakan,
Itera diharapkan bisa meningkatkan lulusan sains dan teknik, mengingat lulusan di bidang tersebut di Tanah Air baru mencapai tujuh persen. Saat ini, kata dia, mahasiswa Itera telah memasuki angkatan II berjumlah 105 orang sejak dibuka pada 2013.

"Mereka sekarang masih menuntut ilmu di kampus ITB, sambil menunggu penyelesaian pembangunan Itera," jelasnya.

Karenanya, kata profesor bioteknologi itu, pembangunan kampus
Itera harus mendapatkan dukungan semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, Kemendikbud, dan lain-lain. "Pembangunan kampus ini tidak bisa sendiri-sendiri, tetapi harus bersama-sama dan harus lebih baik dari yang melahirkannya, yakni ITB," jelasnya.

Pasalnya, Akhmaloka mengungkapkan, pembangunan kampus
Itera sempat terkendala karena alotnya penyerahan aset Pemda ke Kemendikbud. Aset yang diserahkan itu berupa luas areal tanah senilai Rp48,470 miliar.

Tadinya, peresmian Itera akan dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh. Namun, yang bersangkutan tidak bisa hadir karena mengikuti kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Filipina.

Selain Itera, pemerintah juga tengah menyiapkan Institut Tekonologi Kalimantan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kedua daerah itu terpilih setelah kementerian melakukan survei di sejumlah tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar